Benarkah jika Fitur Kamera dan Mikrofon di Non-Aktifkan maka AutoProctor aman digunakan oleh Peserta Ujian?

Daftar Isi

Desember ini pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) sudah mulai digelar ada yang baru memulai dan ada pula yang baru memulai nya.

Pelaksanaan PAS pun di setiap daerah berbeda cara nya ada yang sudah tatap muka, daring ada juga yang kombinasi. Flatform yang digunakan untuk Ujian Daring pun sangat beragam. Namun saya yakin, banyak dari sahabat yang ujian online menggunakan Flatform Google form.

Saat ini siapa sih yang tidak kenal dengan Google Form? Google form merupakan salah satu fitur yang sangat powerfull sekali yang dimiliki oleh perusahaan Raksasa Google. Ada banyak hal yang bisa kita perbuat dengan Google form ini, salah satu nya adalah membuat Soal Ujian karena sudah dipastikan sangat aman dari istilah server down karena overload yang akses.

Salah satu fitur yang menarik dari Google Form ini adalah karena adanya ribuan pengaya yang bisa kita manfaatkan untuk memudahkan kita dalam mengelola google form. Nah, salah satu pengaya yang bisa kita manfaatkan untuk membantu kita dalam melaksanakan Ujian/Ulangan menggunakan Google Form adalah AutoProctor.

AutoProctor merupakan salah satu pengaya yang bisa kita sematkan di form ujian kita yang memungkin kita untuk bisa mengecek secara langsung:

  1. Pergerakan siswa/i kita pada saat ujian dengan rekam suara dan tangkapan Kamera
  2. Pergerakan siswa/i kita mengerjakan ujian, apakah mereka membuka tab lain atau bahkan aplikasi lain nya

Selain sebagai pengganti pengawas ujian, Autoproctor juga bisa berfungsi sebagai timer (penghitung waktu) pada saat siswa/i kita mengerjakan soal, jadi ketika waktu habis, maka mereka sudah tidak bisa lagi mengerjakan soal dan jawaban otomatis langsung terkirim.

Untuk mengetahui bagaimana cara setting dari Autoproctor silahkan simak video berikut:

Dikolom komentar dari Video di atas banyak yang menanyakan apakah aman jika Ujian Menggunakan Google form dengan Autoproctor Fitur Kamera dan Microfon di nonaktifkan?

Untuk menjawab pertanyaan itu silahkan simak video nya dibawah ini:

Demikian Penjelasan singkat tentang AutoProctor, semoga bermanfaat.




Posting Komentar